Puting Beliung Terjang Sejumlah Wilayah Kalsel



Metrotvnews.com, Banjarmasin: Angin puting beliung menerjang sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan.
Bencana itu mengakibatkan belasan rumah rusak dan tiga tiang antena milik kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi itu di Banjarmasin, roboh.

Kepala Seksi Kesiagaan BPBD Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahrudin, Rabu (9/1), mengatakan bencana angin puting beliung sedikitnya menerjang empat daerah. "Daerah yang dilanda angin puting beliung yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin," tuturnya.

Pada Rabu siang hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon dan baliho roboh di Kota Banjarmasin roboh. Sepeda motor milik warga yang parkir di sekitar kantor Gubernur Kalsel rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Tiga tiang antena milik kantor BPBD Kalsel juga roboh terkena angin.

Sementara itu, rumah yang rusak akibat terjangan angin puting beliung berada di beberapa kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Peristiwa terjadi pada Selasa (8/1) malam.

Kepala BPBD Hulu Sungai Selatan Hamliansyah mengatakan pihaknya masih mendata kerusakan dan kerugian akibat bencana tersebut. "Ada beberapa titik yang parah terkena angin. Saat ini petugas kami masih melakukan pendataan di lapangan," terangnya.

Menurutnya, selain bencana banjir, saat musim hujan seperti sekarang sebagian besar wilayah Kalsel rawan bencana angin puting beliung dan tanah longsor. Sepanjang 2012 angin puting beliung melanda Kalsel sebanyak 49 kali yang menyebabkan 251 rumah rusak. (DY/OL-1)

Sumber DISINI

Pendapat saya:
  • menurut saya pemerintah harus lebih sigap menyikapi bencana yang melanda wilayah Kalsel ini , bantuan kepada para korban harus sama ratakan  dan para korban harus lebih waspada terhadap bencana ini
Penyebab: 
  • Hujan deras dan angin kencang menyebabkan rumah-rumah dan baliho roboh
Penyelasaian masalah

  • menurut saya satu-satu nya cara untuk menanggulangi bencana ini adalah seluruh warga harus tetap siaga dan waspada terhadap bencana ini mendatang di dukung oleh pihak pemerintah yg sekiranya dapat melalukan sosialisi terhadap bencana Angin puting beliung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
M. Dody Ichsan Khalik © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour